Kesan Valentino Rossi Terhadap Jakarta dan Indonesia




Valentino Rossi Berharap Indonesia Masuk dalam Kalender MotoGP World Championship

 

Dalam post kali ini, penulis menghadirkan satu bahasan dari dunia balapan MotoGP dan Valentino Rossi yang merupakan salah satu pebalap MotoGP yang memiliki basis fans yang sangat besar di Indonesia, termasuk Jakarta yang dibuktikan dengan keberadaan berbagai fansclub  dari pebalap yang juga dijuluki sebagai 'the Doctor' itu seperti Rossifumi Indonesia  dan lain-lain, tidak hanya di dunia online tetapi juga di dunia nyata. Selain itu, seperti yang penulis sampaikan di Prolog blog ini, bahwa penulis juga mengelola sebuah portal berita: http://www.racinginfo.id/ri/ bersama dua orang sahabat penulis. Jadi post kali ini ada modusnya ... hehe

Kembali ke Rossi, pebalap kelahiran Urbino Italia pada 18 Februari 1979 ini juga terkesan dengan atmosfir Jakarta dan Indonesia yang memang sudah tak terbantahkan merupakan pasar potensial bagi bisnis motor termasuk pabrikan Yamaha dimana Rossi bergabung sebagai pebalap tim Movistar Yamaha MotoGP.

Dalam satu kesempatan seperti dilansir Crash, Rossi mengatakan harapannya Indonesia bisa masuk dalam kalender MotoGP World Championship suatu hari nanti seperti yang pernah diwacanakan beberapa tahun lalu dimana Indonesia ingin kembali menjadi penyelenggara balapan MotoGP.

"This is definitely a place MotoGP should come to in the future, as a special thanks to all the fans who followed and watched MotoGP only on TV so far. From a business point of view, Indonesia is a market that is pretty distant from the ones we are used to, in Europe. ... The sales volume makes Indonesia the leading market for Yamaha, so we have more than one reason to pay a tribute to our friends here by visiting them every time our schedule allows it." 

(Valentino Rossi)

Bicara Rossi dan MotoGP, Indonesia pernah menjadi penyelenggara balapan motor paling bergengsi itu yaitu pada 1996 dan 1997 lalu yang diselenggarakan di Sirkuit Sentul, namun setelah itu terhenti seiring krisis moneter menerpa Indonesia tercinta.

Rossi pertama kali mengaspal di Sirkuit Sentul pada 1996 saat gelaran balapan MotoGP masih bernama GP 500cc ketika Michael Doohan berhasil menjadi juara diikuti oleh Alex Barros dan Loris Capirossi.

Sedangkan Rossi masih tampil di ajang balapan 125cc (sekarang disebut kelas Moto3) bersama tim Aprilia dan saat itu Rossi hanya berhasil menempati posisi ke-11. Namun di tahun berikutnya, Rossi sukses menjadi juara saat pebalap asal Jepang Tadayuki Okada berhasil menjadi juara di kelas 500cc. Sedangkan Max Biaggi yang masih mengaspal di kelas 250cc (sekarang Moto2) berhasil menjadi juara.






image: Twitter Yamaha MotoGP
sumber: Crash

0 komentar