Kerupuk Mie Kuning dan Sambal Ubi: Cemilan Khas Betawi Tempo Dulu

Kerupuk Mie Kuning dan Sambal Ubi: Cemilan Khas Betawi Tempo Dulu

Kerupuk Mie Kuning dan Sambal Ubi: Cemilan khas Betawi yang Sudah Langka


Kerupuk mie kuning merupakan salah satu makanan Betawi tempo dulu yang penulis tampilkan pada post di Rubrik Kuliner kali ini. Tetapi kerupuk mie kuning yang ini agak sedikit unik karena disajikan dengan dua sambal/bumbu yang berbeda dan tak biasa. 

Kerupuk kuning ini sangat cocok bila dimakan dengan berbagai menu lainnya seperti asinan sayur, selain juga biasa dimakan dengan cara dihancurkan atau dipotong-potong terlebih dahulu atau ditambahkan dengan kuah gula cair.

Selain itu, kerupuk mie kuning ini bisa juga dimakan dengan sambal kacang encer dengan cara memasukkan kerupuk mie kuning tadi ke dalam sambal kacang encer hingga kerupuk mie kuning tadi ikut melunak bersama bumbu kacang yang menimbulkan sensasi untuk buru-buru melahapnya.

Selain sambal kacang, kerupuk mie kuning juga tak kalah luar biasanya bila dicampur dengan sambal ubi karena saat kerupuk mie kuning tadi dicocolkan ke sambal ubi, maka akan menimbulkan efek ketagihan yang disebabkan oleh rasa manis dan pedas dari sambal tersebut. 

Sambal Ubi
Sambal Ubi


Kenapa disebut sambal ubi? Karena sambal ini memang terbuat dari campuran sambal merah yang diulek dengan ubi rebus. Unik bukan?

Lalu apakah kita masih bisa mendapatkan kerupuk mie kuning ini di masa sekarang karena sudah tergolong langka? 

Jangan khawatir, apabila pembaca tertarik untuk mencobanya, maka para pembaca bisa memesannya kepada salah satu penjual kerupuk mie kuning dengan sambal ubi ini yaitu Jaros.

Menurut Jaros, ia tertarik untuk menjualnya karena alasan kelangkaan tadi selain karena alasan nostalgia ketika di masa kecilnya ia sangat suka memakannya di saat masih banyak pedagang yang menjualnya.

Satu yang membedakan, Jaros menjual kerupuk mie kuning dan sambal ubi dalam keadaan fresh atau dibuat secara dadakan, dalam arti bila ada pesanan untuk hari esok, maka Jaros baru akan membuatnya juga pada esoknya. Bukan dibuat saat dipesan di hari yang sama. 

Jaros mengatakan alasan mengapa ia memilih melakukan hal itu karena ia ingin para pelanggannya bisa menerima semua kerupuk dan sambal ubi dalam keadaan hangat dan fresh. Satu hal lagi yang perlu diketahui, Jaros menjualnya dengan harga yang terjangkau.

Jadi apabila para pembaca ingin merasakan makanan nostalgia dengan sensasi sambal ubi ini, maka para pembaca bisa menghubunginya melalui Whatsapp  di nomor 08111925656.


0 komentar