Bhaskara Band Sukses Hadirkan Betawi dalam “Betawi”





Musik adalah bahasa universal. Begitu yang sering kita dengar. Musik juga bisa mempersatukan. Dengan musik, meskipun seseorang di Rusia sana tidak mengerti arti dari lirik sebuah lagu yang tengah didengarnya, dia tetap bisa menikmatinya dan membawanya ke suatu imajinasi tertentu yang terekspresikan melalui nada-nada yang didendangkan melalui alunan sebuah komposisi yang didengarnya.


Rasanya kurang  ‘sreg’ bila penulis tak menghadirkan musik dalam blog ini yang tentunya bernuansa Betawi selaras dengan tema sentral blog ini.

Terus terang tak banyak komposisi Jazz bernuansa Betawi yang ada di benak penulis karena penulis sendiri hanya mengetahui sebuah komposisi dari salah satu band Jazz legendaris tanah air yaitu Bhaskara Band yang merupakan band pertama dari tanah air yang tampil di ajang musik Jazz bergengsi North Sea Jazz Festival di Belanda.

Ya, benar bila pembaca mengatakan bahwa komposisi ini adalah komposisi yang bertambah populer setelah  dijadikan sebagai musik pembuka dan penutup sebuah program berita di salah satu TV swasta nasional pada era 1990-an silam.

Ya, komposisi tersebut berjudul Betawi dan diproduksi pada era 80-an silam yang menurut penulis sendiri sangat sukses menghadirkan atmosfir Betawi meskipun penulis sendiri juga tak mengerti banyak soal musik kecuali hanya menjadi penikmat saja.

Sayatan-sayatan pada dawai biola yang secara piawai dimainkan oleh sang violinist, Luluk Purwanto menjadikan komposisi ini semakin hidup dan semarak. Salut untuk Bhaskara Band.

Well, mari kita simak dan nikmati keindahan komposisi ini yang bisa membuat mata kita merem-melek sembari jempol kaki bergoyang melalui video yang penulis ambil dari Youtube berikut: 


Sumber:
youtube, wikipedia
Image:
beritacenter





0 komentar