Becak: Salah Satu Moda Transportasi Zaman Old di Ibukota




Becak adalah moda transportasi yang dulu banyak beredar di Jakarta yang bahkan sempat menjadi primadona ketika Jepang berkuasa pada paruh pertama dekade 1940-an karena Jepang memang sangat disiplin untuk mengontrol penggunaan bahan bakar.


Becak yang merupakan modifikasi dari sepeda yang memiliki tiga roda ini awalnya diduga mulai masuk ke Indonesia pada dekade 1920-an yang dibawa oleh masyarakat Tionghoa untuk keperluan mengangkut barang.

Becak sendiri pertama kali mulai digunakan di Jepang pada 1865 dan masa itu belum dikayuh, tetapi didorong tenaga manusia dan kemudian banyak digunakan di China yang pernah juga dikuasai Jepang. Sedangkan di Indonesia, nama becak mulai digunakan pada dekade 1940-an.

Jumlah becak yang beredar di Jakarta pada satu dekade kemudian adalah sebanyak 25.000 yang meningkat 5 kali pada 1970-an.

Namun, pemerintah DKI sejak 1980 mulai membatasi penggunaan becak hingga sering dilakukan razia dan menetapkan sejumlah wilayah bebas becak. Pemerintah DKI masa itu memberikan moda transportasi alternatif seperti helicak dan bajaj.  

Sejak masa pemerintahan Gubernur Wiyogo Admodarminto (Bang Wi) yang terkenal dengan slogan BMW-nya yaitu Bersih Manusiawi dan ber-Wibawa itu, becak tak ditemukan lagi di ibukota. Semua becak yang telah disita kemudian dibuang ke perairan di Kepulauan Seribu.


Image: koleksi pribadi
Sumber: wikibooks
   

0 komentar