Selasa, 21 November 2017

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol
Selasa, 21 November 2017
https://infojakartakita.blogspot.com/2017/12/wisata-kepulauan-seribu-pilihan-wisata.html



Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya (DKI Jaya), selain Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kebon Binatang Ragunan, Monumen Nasional (Monas) dan lain-lain.


Terletak di wilayah Jakarta Utara, seperti penulis kutip dari Wikipedia, sejak awal berdirinya pada 1966 silam, kawasan ini sudah diperuntukkan untuk dijadikan kawasan wisata terpadu dimana Pemerintah DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap merujuk kepada peningkatan perekonomian nasional dan daya beli masyarakat.

PT Pembangunan Jaya selanjutnya mengelola kawasan Ancol melalui anak perusahaannya yang bernama Taman Impian Jaya Ancol (TIJA).


Adapun kawasan wisata Ancol meliputi: pantai dan taman yaitu Pantai Festival, Indah, Elok, Ria dan Carnival Beach Club dan Danau Impian; Dunia Fantasi ( Dufan ), Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra,  Sea World, Putri Duyung Cottages, Padang Golf Ancol, Marina, Pasar Seni, dan Pulau Bidadari.

 

Kemudian kawasan Ancol juga memiliki sebuah klub eksekutif yang diberi nama Hailai Executive Club yang memiliki daya tampung sekitar 3.000 kursi dilengkapi dengan sarana olahraga dan hiburan yang dikelola oleh PT Philindo Sporting Amusement and Tourism Corporation yang bekerja sama dengan PT Sarana Ria.

Untuk menghubungkan satu tempat wisata yang satu dengan yang lainnya yang terbentang sejauh 2,4 km ini, maka dibangunlah Gondola atau kereta gantung (skylift) dengan jumlah 37 unit dengan kapasitas 6 orang per unitnya dengan 3 stasiun. 

 
Gondola Ancol ini merupakan unit usaha hasil kerjasama Ancol dengan PT Karsa Surya Indonesia (KSI).
Tak cukup hanya itu, kawasan Ancol juga memiliki fasilitas olahraga bowling bertaraf internasional dengan 60 lintasan bowling, juga berbagai fasilitas resto dan cafĂ© sebagai pilihan wisata kuliner bagi setiap pengunjung. 

Sebagaimana tempat-tempat wisata pada umumnya, kawasan wisata Ancol selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan, hari-hari libur, baik hari libur sekolah maupun hari-hari libur keagamaan.




Penulis sendiri sesekali berkunjung ke kawasan Ancol terutama Dunia Fantasi sekedar iseng walaupun pada saat mengunjungi Dunia Fantasi, penulis lebih suka duduk-duduk dan berjalan-jalan saja melihat keramaian pengunjung karena malas untuk mengantri yang biasanya sangat panjang (bila di hari libur), dan juga karena tak begitu berani untuk menaiki beberapa wahana seperti Tornado, Kora-Kora, Histeria dan Halilintar :)

Bicara soal Dufan, satu hal yang menurut penulis belum berubah dari awal dan sebaiknya tidak adalah theme song Istana Boneka yang memiliki isi lirik yang sangat edukatif. Sejak pertama kali mengunjunginya pada masa kanak-kanak, penulis masih mengingat isi liriknya dengan baik :) 
 
Sumber:    wikipedia.org
    Foto:        koleksi pribadi
Taman Impian Jaya Ancol
4/ 5
Oleh

Comments