Gereja Koinonia Jatinegara




Seperti diketahui, Jatinegara merupakan salah satu kawasan sentra bisnis yang ramai di Wilayah Jakarta Timur seiring dengan keberadaan Pasar Grosir Jatinegara.


Jatinegara juga menjadi akses utama menuju ke berbagai wilayah lainnya di Jakarta dan sekitarnya karena adanya Stasiun Jatinegara dan Terminal Kampung Melayu.

Selain itu, Jatinegara juga merupakan kawasan pertama di Jakarta Timur (dahulu disebut Batavia Timur) yang memiliki sebuah gereja yang dibangun sekitar tahun 1889 silam sebelum direnovasi selama 5 tahun yaitu dari tahun 1911 hingga 1916.

Setelah proses renovasi selesai, gereja itu kemudian diberi nama Bethelkerk dan digunakan oleh De Protestantse Kerk in Westelijk Indonesie, lalu menjadi GPIB Bethel Jemaat Djatinegara,  hingga sejak 1 Januari 1961 sampai sekarang menjadi  GPIB Jemaat Koinonia Jakarta. 

Gereja Koinonia yang memiliki gaya arsitektur apik ini sejak tahun 2005 lalu telah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta sebagai sebuah situs cagar budaya.

Gereja Koinonia ini sendiri berada pada sebuah sudut strategis di antara dua jalan yakni Jalan Matraman Raya dan Jatinegara Barat.

Sumber:

gpibkoinonia.wordpress.com
https://hot.detik.com

image:
paradizhop.blogspot.co.id


0 komentar