tips Jurus pengendara agar tak tertipu mentah-mentah polisi gadungan di jalan

Kasus polisi gadungan kembali terjadi. Malah, kali ini anggota polisi sendiri yang memergoki si polisi gadungan saat beraksi.

Adalah Joseph Anugerah, pemuda 20 tahun ini tepergok anggota Polda Metro Jaya saat beraksi hendak menilang pengendara di ruas JLNT Casablanca, Jakarta Selatan, Kamis (12/7) lalu. Joseph langsung diamankan anggota Polda Metro Jaya yang memang diplot mengatur lalu lintas di jalan tersebut.
Kasat mata, penampilan Joseph begitu meyakinkan sebagai anggota polisi. Seragam berikut atribut, topi serta kacamata hitam yang memang kerap digunakan Polantas saat mengatur lalu lintas melekat di diri Joseph.
Untuk menghindari tertipu mentah-mentah oleh polisi gadungan, Kasubdit BinGakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto meminta masyarakat tak segan-segan menanyakan surat tugas ke anggota tersebut saat kendaraannya diberhentikan.
"Ya masyarakat mintain surat perintahnya aja, tanya enggak apa-apa," kata Budiyanto saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (16/7).
Pun masyarakat diminta tak segan-segan meminta KTA (Kartu Tanda Anggota) polisi. "Kan dia pasti punya KTA, surat perintah juga, enggak mungkin cuma senidiri-sendiri," ujarnya.
Budiyanto juga menegaskan masyarakat patut curiga jika melihat anggota polisi melakukan razia di jalan seorang diri.
"Perlu dicurigain itu," ucapnya.
Sebab, untuk mengatur lalu lintas, tambah Budiyanto, pihaknya selalu menempatkan sekitar 50 personel. Puluhan personel itu juga melakukan penindakkan.
"Maaf setiap hari ada kok (anggota). Ya kadang 40, kadang 50," tuturnya.
Untuk kasus Joseph sendiri, tepergok lantaran Polantas Polda Metro Jaya juga melakukan pengaturan dan penindakan di lokasi yang sama.
"Ehh ini sekarang udah ada anggota di situ, saya juga mengarah ke situ. Kemaren sudah 1000 lebih kita tilang," sambungnya.
Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, pihaknya telah curiga terhadap Joseph saat anaknya buahnya sedang melakukan kegiatan rutin di lokasi dekat Joseph melakukan aksi penipuannya.
"Kemarin kita temukan polisi gadungan daripada saat anggota patroli rutin. Anggota juga sebenarnya lagi ada kegiatan rutin di sana kemudian anggota kaget kok ada polisi," kata Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (16/7).
Yang lebih kagetnya lagi yaitu ketika anak buahnya itu melihat postur tubuh atau fisik Joseph Anugerah yang bertubuh gempal. Karena menurut anggotanya itu, fisik Joseph sangat tidak memungkinkan jika menjadi seorang polisi.
"Kemudian dari fisik mencurigakan kemudian anggota kami cek dan menanyakan darimana ini kemudian diketahui yang bersangkutan gadungan," ujarnya. [rhm]

0 komentar