Warung-warung Kopi 'Zaman Now'

Warung-warung Kopi 'Zaman Now'
Salah satu warung kopi ala 'zaman now' yang berlokasi di Jalan Al-Kahfi 2 Jagakarsa Jakarta Selatan

 

Minum Kopi Tak Lagi Sekedar Minum Kopi 

 

Pengertian ajakan minum kopi di zaman kini sepertinya mungkin sudah berbeda dibanding  zaman dulu. Barangkali para pembaca juga sudah sering diajak dengan ajakan: "ngopi yuuk" dan yang sejenisnya atau mungkin para pembaca juga kerap mengajak orang lain dengan ajakan serupa, walaupun sebenarnya ajakan itu bertujuan lebih dari sekedar minum kopi saja. 

 

Di masa sekarang yang sudah memasuki 'musim panas politik' seiring dengan semakin meningginya tensi politik menjelang berbagai pelaksanaan perhelatan Pilkada tahun ini dan Pilpres pada tahun depan membuat ajakan minum kopi bukan lagi sekedar untuk minum kopi tetapi lebih kepada momentum untuk memperbincangkan berbagai tema politik, seperti yang termutakhir dari polemik yang sempat terjadi antara seorang politikus nasional dan seorang politikus dari satu provinsi yang mewarnai jagad dunia maya. Selain itu, ajakan minum kopi juga seringkali merupakan momentum untuk membicarakan masalah bisnis dan lain sebagainya.

Post kali ini tidak hendak membicarakan soal ajakan minum kopi tetapi kepada 'aktivitas minum kopi' yang dengan jeli dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, terutama di beberapa wilayah di ibukota seperti di Jagakarsa dan lain-lainnya yang ditandai dengan bermunculannya berbagai warung, cafe dan sejenisnya yang mengedepankan kopi sebagai sajian utama meskipun ada banyak jenis makanan atau minuman yang ditawarkan.

Berbagai tempat ini menyediakan tempat untuk 'ngobrol, ngendon'  yang nyaman bagi para pelanggannya layaknya cafe-cafe papan atas meskipun tempat-tempat tadi sejatinya tidak membandrol harga-harga makanan mereka setinggi harga-harga di cafe-cafe papan atas. Tempat-tempat itu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang harus ada di 'zaman now' seperti power supply  dan wifi.

Kemunculan berbagai warung, cafe dan sejenisnya tersebut ternyata memberi pengaruh positif juga kepada berbagai warung-warung kopi kecil yang tadinya hanya merupakan tempat untuk minum kopi dan menyantap makanan saja dimana para pengunjung atau pelanggan tidak bisa lebih leluasa untuk berbicara berlama-lama karena khawatir membuat calon pengunjung lainnya jadi sungkan untuk masuk, atau merasa sungkan dengan pemilik/pengelola warung.

Kini warung-warung kecil juga sudah banyak yang menjelma menjadi warung-warung yang sesuai dengan tuntutan zaman now yang ditandai dengan settingan  warung-warung mereka, termasuk melengkapi diri dengan fasilitas zaman now.  Ya pelaku usaha memang harus bisa menyeleraskan usaha mereka sesuai dengan perkembangan zaman ...





Image: Pribadi



0 komentar