Salah Satu Bisnis Paling Potensial di Jakarta dan Sekitarnya

 
Salah Satu Bisnis Potensial di Jakarta dan Sekitarnya
Salah satu teman penulis yang membuka usahanya di Pengumben Kebon Jeruk Jakarta Barat

 

Bisnis Motor dan yang Terkait Dengannya: Bisnis-bisnis Potensial di Jakarta dan Sekitarnya

Setelah mengulas sedikit soal bisnis berbasis teknologi informasi yang berguguran dalam satu dekade terakhir di ibukota dan sekitarnya sebagaimana yang bisa dibaca di sini, kini penulis menghadirkan salah satu bisnis potensial yaitu bisnis motor dan yang terkait dengannya.

 

Kebijakan pemerintah untuk mempermudah kredit pemilikan motor pada sekitar satu dekade lalu tak ayal membuat pertumbuhan jumlah kuda besi sangat pesat di ibukota dan sekitarnya.

Hal ini bisa kita lihat dengan jumlah angka digit terakhir di plat-plat motor yang sekarang sudah berjumlah 3 digit selain tentu saja jumlah motor yang lalu-lalang di jalan-jalan ibukota dan sekitarnya.

Kebijakan ini juga telah berimbas positif bagi pelaku bisnis yang berhubungan dengan motor seperti dealer, bengkel, spare parts, helm, jaket, sarung tangan dan banyak lagi hingga aksesorisnya yang menjadi derivatif ceruk bisnis ini. Demikian juga dengan bisnis online seperti portal otomotif dan sebagainya.

Para pelaku bisnis hulu bisnis ini mencakup pabrikan, dealer, spare parts, industri oli hingga para pemilik industri bisnis terkait lainnya yang semakin memiliki peluang lebih besar untuk meraih keuntungan.

Sedangkan para pelaku bisnis hilir bisnis ini adalah para pedagang seperti pedagang spare parts, helm, jaket hingga berbagai aksesoris, mulai dari box hingga sticker yang jumlahnya semakin banyak yang menjadi bahasan utama post kali ini.

Para pedagang ini tidak saja menggelar dagangan mereka di tempat-tempat permanen, tetapi juga kaki lima hingga 'ngendon'   sementara alias mobile, contohnya bisa dilihat di wilayah Pondok Cabe Tangerang Selatan, Ragunan dan beberapa wilayah lainnya.

Disamping itu, perkembangan jumlah motor ini juga membuat banyak pedagang bensin eceran memiliki peluang menenggak untung dengan adanya Pertamini yang kini tersebar hampir di setiap pinggir jalan di seantero ibukota dan sekitarnya.

Kehadiran berbagai klub motor yang dibentuk oleh para pengendara sesuai dengan merek motor dan sebagainya juga telah membuat potensi bisnis ini tetap cerah untuk waktu yang lebih lama lagi.

Jadi menurut penulis, bila kini para pembaca ingin membuka bisnis, maka bisnis yang terkait dengan motor seperti contoh-contoh yang disebutkan di atas bisa dipertimbangkan selain bisnis kuliner, pendidikan dan lain-lainnya.



Image: Pribadi

0 komentar