Salak Condet: Masih Adakah?

Salak Condet: Masih Adakah?

Salak Condet: Bagaimana Riwayatmu Kini?

 

Salak Condet pernah berjaya hingga membuatnya menjadi ikon Jakarta. Makanya kita bisa menyaksikan gambar salak condet pada bus-bus Transjakarta terutama sejak bus-bus itu mulai beroperasi pada 2004 lalu.

Salak Condet: Masih Adakah?
Gerbang Kebun Milik Pemda DKI di Condet Balekambang


Salak condet memang menjadi salah satu mata pencaharian andalan warga Condet tempo dulu yang umumnya merupakan warga asli Betawi yang dijual ke beberapa pasar yang terdapat di sekitar Condet seperti Pasar Minggu yang memang terkenal dengan beragam buahnya itu hingga sampai ada lagunya lho :), Pasar Kramat Jati, Kampung Melayu, Jatinegara, hingga ke Pasar Senen di Jakarta Pusat.

Salak Condet: Masih Adakah?
Kebun Milik Pemda DKI di Condet Balekambang

Salak condet konon dulunya ditanam hampir di setiap pekarangan rumah warga yang ada di Condet, namun seiring dengan pesatnya perkembangan kota Jakarta telah berimbas pula pada penyempitan lahan untuk bercocok tanam dan ruang terbuka lainnya karena digunakan untuk memenuhi tuntutan kemajuan kota, baik yang digunakan untuk hunian maupun untuk usaha yang tak pelak membuat lahan-lahan kebun salak termasuk yang berada di pekarangan warga Condet sekalipun secara perlahan menyusut hingga menjadi kian langka.

Lalu Apakah Salak Condet Masih Ada atau Sudah Punah Sama Sekali?

Meskipun kuantitasnya tak banyak seperti dulu lagi, kabar baiknya adalah salak condet masih ada alias belum punah walaupun lahan kebunnya kini seutuhnya telah dimiliki oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya pemerintah daerah untuk mempertahankan buah yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai Snake Fruit atau dalam istilah ilmiahnya disebut sebagai Salacca Zalacca itu.

Salak Condet: Masih Adakah?
Salak Condet: Masih Adakah?
Salak Condet


Lahan kebun salak condet itu terletak di Jalan Kayu Manis RT 7/5, Kelurahan Balekambang, Condet, Jakarta Timur dengan luas lahan 4 hektar yang juga ditanami dengan sejumlah jenis pohon buah tropis lainnya seperti mlinjo, duku, kecapi, dan bucung.

Area kebunnya sangat sepi, tenang, dan teduh di tengah perumahan warga yang padat. Penulis merasa bukan sedang berada di Jakarta.

Lucunya, ada juga warga yang malah tidak tahu dimana keberadaannya kecuali bila kita tanyakan kepada warga Condet asli ketika penulis datang kesana pada Kamis (28/12/2017) karena merasa penasaran.

Salak Condet: Masih Adakah?
Suasana tenang dan teduh kebun buah milik Pemda DKI di Condet Balekambang
Salak Condet: Masih Adakah?
Kondisi jalan yang bersih dan rapi di kebun buah milik Pemda DKI di Condet Balekambang yang bisa digunakan untuk trek jogging
Salak Condet: Masih Adakah?
Jalan menuju kebun buah Condet


Kita perlu mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah daerah yang berusaha melestarikan keberadaan salak condet ini.



image:sporttourism/pribadi





0 komentar