Bintaro dan Cibubur itu Unik. Kok Bisa?

 

Seperti diketahui, beberapa kawasan di Provinsi DKI Jakarta berbatasan langsung dengan dua provinsi lainnya yakni Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten seperti Bintaro dengan Provinsi Banten dan Cibubur dengan Provinsi Jawa Barat. Masalahnya, tidak semua area di kedua kawasan itu sepenuhnya masuk dalam wilayah Provinsi DKI. Mengapa bisa demikian?


Pada post sebelumnya yaitu soal Festival Ondel-ondel yang sedianya diselenggarakan pada akhir tahun ini di Bintaro, disebutkan bila Bintaro termasuk wilayah DKI, padahal bila kita berada di Bintaro Jaya misalnya, beberapa sektor perumahan itu termasuk bagian dari Provinsi Banten.  


Bintaro yang diambil dari nama buah itu tidak sepenuhnya berada di wilayah Jakarta, tepatnya Jakarta Selatan karena sebagian besar kawasan Bintaro masuk dalam wilayah Provinsi Banten seperti beberapa sektor pada perumahan Bintaro Jaya dan Arya Graha yang berbatasan dengan Serpong, Provinsi Banten.

Adapun Taman Barat Bintaro yang menjadi tempat penyelenggaraan Festival Ondel-ondel Terbesar di akhir tahun ini masih merupakan wilayah ibukota, sama halnya dengan Bintaro Jaya Sektor 1 yang masuk bagian dari wilayah Pesanggerahan.

Hal ini memang agak sedikit membingungkan dan dulunya penulis sempat mengalami kebingungan yang sama.

Serupa halnya dengan kawasan Cibubur di Jakarta Timur dan Timur Jakarta karena sebagian Cibubur masih merupakan wilayah Kotamadya Jakarta Timur, tepatnya wilayah Ciracas. Sedangkan sebagian lagi seperti perumahan elit Raffless Hills masuk wilayah Depok, Provinsi Jawa Barat.

Uniknya lagi, sebagian kawasan Cibubur masuk bagian wilayah Kabupaten Bekasi meskipun masih dalam wilayah Provinsi Jawa Barat juga.

Satu contoh lagi adalah kompleks Kampus Universitas Indonesia (UI) karena terletak di dua provinsi yakni DKI dan Jawa Barat. Area asrama mahasiswa UI sebenarnya masih merupakan wilayah Provinsi DKI, tepatnya wilayah Srengseng Sawah.

Bintaro dan Cibubur itu Unik. Kok Bisa?
Hutan Kota Wales Barat di Kompleks Universitas Indonesia yang masuk bagian dari Wilayah Jakarta Selatan

Begitu juga dengan Hutan Wales yang berdekatan dengan asrama mahasiswa tadi. Tetapi hanya berjarak sepelemparan batu dari situ, lokasi dimana warung Mang Engking berada sudah menjadi bagian wilayah Depok atau Provinsi Jawa Barat :)

image:
latitudes.nu/pribadi


 

0 komentar