Ada Apa dengan E-Sports dan SMA PSKD 1 Jakarta?





Perkembangan E-Sports di Jakarta menarik juga untuk diperhatikan karena di SMA PSKD 1 sejak Tahun Ajaran 2016-2017 lalu memasukkannya sebagai suatu program kegiatan yang bertujuan untuk memberikan fundamental yang diperlukan untuk membantu mengembangkan minat dan bakat serta karier para siswa sekolah itu setelah mereka menamatkan studi mereka. 


Program E-Sports yang dibuka di SMA PSKD 1 yang berlokasi di Kawasan elit Menteng ini menyeleraskannya dengan materi-materi tambahan seperti Ekonomi, Matematika dan Bahasa Inggris selain keterampilan kerjasama tim, kemahiran teknologi dan ketepatan mengelola waktu (kedisiplinan waktu). 

E-Sports yang merupakan akronim dari Electronic-Sports atau bila dialih-bahasakan ke dalam Bahasa Indonesia berarti Olahraga Elektronik ini memang masih merupakan jenis aktivitas olahraga yang belum begitu populer di tanah air.

Namun demikian, E-Sports di Indonesia sebenarnya telah memiliki organisasi resmi yang mengelolanya yaitu Iespa (Indonesia e-Sports Association) yang merupakan bagian dari FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) sejak 2014 silam.

FORMI sendiri merupakan federasi yang telah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olahraga Indonesia (KOI).

Tidak seperti halnya dengan cabang-cabang olahraga yang umum kita kenal selama ini, para atlet E-Sports tidak perlu bertanding secara fisik dan tanpa perlu bertatap muka tetapi bertanding secara online melalui komputer dengan menitikberatkan perhatian pada kejelian strategi.

Jadi E-Sports yang pada awalnya berkembang di Korea Selatan ini adalah jenis game online yang mempertandingkan jenis-jenis game seperti perkelahian, perang dan sebagainya.

Kemampuan menerapkan strategi dengan memperhatikan presisi waktu, pengambilan keputusan dan berbagai strategi terkait lainnya menjadi nilai plus E-Sports.  

Pada perhelatan olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games ke-18 yang akan digelar di Jakarta tahun depan, E-Sports masuk sebagai jenis olahraga yang didemonstrasikan atau dieksibisikan yang berarti belum memperebutkan medali seperti halnya olahraga Bulu Tangkis yang diperkenalkan pada Olimpiade 1988 di Seoul sebelum secara resmi dipertandingkan pada 1992 di Barcelona dimana Indonesia akhirnya sukses menyandingkan dua medali emas paling bergengsi cabang olahraga ini melalui pasangan Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti.


Image: freemalaysiatoday

Sumber: sma1pskd.com/indogamers/wikipedia



  


0 komentar