Jumat, 17 November 2017

Persija

Persija

Persija
Jumat, 17 November 2017



Sebagaimana kota-kota besar lainnya di tanah air, Jakarta juga memiliki sebuah klub sepakbola kebanggaan yaitu Persija yang merupakan singkatan dari Persatuan Sepakbola Indonesia Jakarta.   


Persija bahkan sudah berdiri sejak 1928 ketika Indonesia masih berada di masa penjajahan Belanda dengan nama awal Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ) yang didirikan oleh sekelompok pemuda Jakarta sebagai salah satu gerakan perlawanan terhadap pemerintahan kolonial ketika itu.

Salah satu pemuda itu adalah Mohammad Husni Thamrin yang merupakan salah satu tokoh terbaik Betawi yang juga telah dinobatkan sebagai salah seorang pahlawan nasional itu.  

Thamrin bahkan banyak memberikan sumbangsihnya pada VIJ, tidak saja tenaga dan pemikiran tetapi juga dana yang tak sedikit, salah satunya membangun stadion VIJ yang berlokasi di Petojo, Jakarta Pusat.

Dua tahun setelah didirikan, bersama sejumlah klub lainnya di tanah air, VIJ ikut terlibat dalam pendirian organisasi sepakbola Indonesia yang kita kenal dengan PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia).

Persija merupakan salah satu klub sepakbola Indonesia tersukses karena belum sekalipun terdegradasi ke divisi yang lebih rendah sejak pertama kali mengikuti kompetisi sepakbola antar klub di tanah air pada 1930.

Selain pernah memenangkan sejumlah kejuaraan seperti Piala Marah Halim, Trofeo Persija, Piala Emas Bang Yos, Indonesian Community Shield, dan Piala Indonesia, Persija sejauh ini juga telah berhasil memenangkan kompetisi Perserikatan sebanyak 9 kali, serta pernah sekali menjuarai kompetisi Liga Indonesia yaitu pada 2001 silam.

Jersey atau kostum Persija awalnya berwarna merah dengan kostum tandang berwarna putih. Pada masa gubernur Sutiyoso, Persija mulai mengganti warna kostum mereka ke warna oranye. Tapi untuk musim kompetisi musim ini, Kostum Persija berwarna kombinasi warna merah dan oranye sebagai kostum kandang. Sedangkan untuk kostum tandang, adakalnya Persija berkostum hitam.   

Persija menggunakan Stadion Gelora Bung Karno (SGBK) sebagai stadion kandang mereka namun musim ini mereka untuk sementara terpaksa mengungsi ke Stadion Patriot Chandrabhaga Bekasi karena SGBK tengah direnovasi sebagai persiapan Indonesia menyelenggarakan Asian Games tahun depan. 

Image:

twitter.com

Sumber:
wikipedia


Persija
4/ 5
Oleh

Comments