Pentingnya Keberadaan Hutan Kota

 

Pentingnya Keberadaan Hutan Kota
Keberadaan hutan kota sangat penting bagi sebuah kota

Keberadaan Hutan Kota Wales Barat Bagi Lingkungan Sekitar


Hutan kota adalah sekumpulan pohon yang tumbuh dalam satu area di dalam atau di pinggir sebuah kota. Terbentuknya hutan kota bisa karena disengajakan dengan menyisakan sebagian tanaman atau pohon keras di sekitar area pemukiman karena area tersebut dulunya memang merupakan area hutan seperti yang terdapat di Kompleks Kopassus Cijantung Jakarta Timur. Bisa juga karena sengaja diciptakan dengan menanam sejumlah pohon di sebuah area tertentu seperti di sekitar  Monas yang dilakukan oleh presiden Soeharto pada tahun 1992.

Pentingnya Keberadaan Hutan Kota
Sinar mentari pagi di sela-sela pepohonan

Hutan kota sangat penting artinya bagi sebuah kota karena ia tidak saja berfungsi untuk menyediakan air tanah, menyegarkan udara, mengurangi kebisingan, mengurangi banjir, pelindung terik matahari, menurunkan suhu mikro, tetapi juga menjadi ruang terbuka hijau sebagai tempat rekreasi dan berolahraga.
  
Karena pentingnya keberadaan hutan kota bagi suatu kota di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) No.63 Tahun 2002 dimana 10% dari total wilayah sebuah kota haruslah dialokasikan sebagai hutan kota.

Sebuah kota tidak harus menempatkan suatu kawasan tertentu saja untuk dialokasikan sebagai hutan kota, tetapi lokasinya bisa disebar di seantero sebuah kota.

Bagaimana dengan Provinsi DKI Jakarta? Hmm .. Sayangnya luas keseluruhan hutan kota yang terdapat di Provinsi DKI Jakarta belum berada di titik ideal yang ditetapkan dalam PP tersebut karena luas Jakarta sendiri adalah 66.233 ha, sedangkan luas lahan yang diperuntukkan sebagai hutan kota masih berjumlah 149,76 ha yang tersebar di 15 lokasi.

Salah satu lahan hutan kota tersebut berada di kompleks kampus Universitas Indonesia (UI), yang sebenarnya juga menempati dua wilayah provinsi yakni DKI Jakarta dan Jawa Barat.    
Pentingnya Keberadaan Hutan Kota
Hutan Kota UI Wales Barat Jakarta Selatan

Hutan kota di kompleks kampus UI itu merupakan hutan kota terluas yang dimiliki DKI yaitu seluas 55,4 ha.

Salah satu area hutan kota di kompleks kampus UI tersebut adalah Hutan Kota Wales Barat yang masih termasuk bagian area Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Wilayah Kotamadya Jakarta Selatan dimana penulis pada hari pertama di awal tahun 2018, tepatnya pada Senin (1/1/2018), menghabiskan waktu paginya di sana untuk berolahraga.

Pentingnya Keberadaan Hutan Kota
Lari pagi di Hutan Wales Barat

Hutan Kota Wales Barat termasuk salah satu area yang disukai oleh banyak warga sekitar Srengseng Sawah dan Depok untuk berolahraga sekaligus berekreasi.

Pentingnya Keberadaan Hutan Kota
Setu atau danau buatan di Hutan Kota Wales Barat

Selain karena tempatnya yang tenang dan teduh, warga yang berolahraga juga bisa mendengarkan merdunya kicauan burung. Apalagi dengan keberadaan sebuah setu di sekitar Hutan Wales Barat itu yang membuatnya semakin menentramkan.




images: pribadi
sumber:jurnalbumi/wikipedia

 

 

 

  

0 komentar