Jumat, 01 Desember 2017

Kampung Marunda Cilincing

Kampung Marunda Cilincing

Kampung Marunda Cilincing
Jumat, 01 Desember 2017




Pada post di awal Desember ini yang bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, penulis menghadirkan salah satu obyek wisata yang terletak di kawasan Cilincing Jakarta Utara yaitu Kampung Marunda, yang barangkali bisa Anda kunjungi selama libur 3 hari ini :)


Kampung Marunda diyakini sebagai salah satu lokasi kediaman si Pitung, tokoh legendaris asal Betawi tempo doeloe di masa penjajahan Belanda.

Berbicara soal si Pitung, terdapat beberapa versi karena ada yang berpendapat bila si Pitung merupakan satu kelompok yang terdiri dari sejumlah individu. Ada pula yang mengatakan bahwa sosok tersebut adalah seorang individu saja yang hidup secara nomaden dari satu lokasi ke lokasi lainnya demi alasan keamanannya dari incaran Belanda yang mencarinya.

Di Kawasan Marunda sendiri terdapat sebuah rumah panggung yang diyakini pernah menjadi tempat kediaman si Pitung meskipun ada pula yang berpendapat bila rumah kayu tersebut sebenarnya merupakan kediaman H. Syafiuddin, ‘horang kaya’ masa itu.

Di rumah bergaya Bugis tersebut, para pengunjung bisa melihat-lihat sejumlah perabot dan caping yang terbuat dari bambu selain jala untuk menangkap ikan yang dipasang dalam posisi mengembang yang mengindikasikan bila penghuni rumah hidup sebagai nelayan.

Dahulu rumah itu sempat menjadi sebuah langgar sebelum menjadi Rumah si Pitung Marunda.

Sebagai sebuah obyek wisata, Kampung Marunda memiliki fasilitas penunjang bagi para pengunjung seperti area parkir yang cukup luas, mushala dan beberapa penginapan.

image:
i2.wp.com

Sumber:


teluklove.com

Kampung Marunda Cilincing
4/ 5
Oleh

Comments