Kampung Budaya Betawi Setu Setu Babakan





  Rumah adat Betawi di Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan 

Setu Babakan adalah sebuah danau buatan seluas 30 hektar yang terletak di kawasan Srengseng Sawah Jakarta Selatan yang merupakan salah satu kawasan wisata masyarakat yang murah meriah selain berfungsi sebagai tempat resapan air tentunya. 


Disamping itu, Setu Babakan kini juga menjadi situs cagar budaya masyarakat Betawi sebagai warga pribumi ibu kota sesuai Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 92/2000 yang dikeluarkan oleh gubernur Sutiyoso ketika itu yaitu pada 18 Agustus 2000.

Sebagai suatu kawasan wisata alternatif yang murah meriah, keberadaan setu ini patut disambut gembira oleh penduduk yang berada di kawasan sekitarnya karena memiliki potensi menghidupkan ekonomi mereka.


Kampung Budaya Betawi Setu Babakan
Setu Babakan

Di sana, masyarakat yang berkunjung dapat menikmati sejuknya udara pepohonan rindang sembari melepas sejenak kepenatan dengan menatap setu. Masyarakat juga dapat menikmati sepeda air untuk menyusuri sebagian setu.  

Bagi para penikmat dan pemburu kuliner tradisional, mereka dapat menikmati beraneka sajian khas Betawi seperti kerak telur, nasi uduk, nasi ulam dan lain sebagainya. 

Sementara bagi mereka yang berminat menyaksikan berbagai acara kesenian Betawi, mereka dapat menyaksikannya pada beberapa kesempatan. 

Semoga saja Setu Babakan tidak disalahgunakan fungsinya karena kawasan ini juga menjadi pilihan anak-anak muda (kids zaman now :)) untuk bersosialisasi. Untuk itu perlu kiranya keterlibatan warga masyarakat untuk memperhatikan pergaulan mereka.

Sumber: wikipedia
Foto: Pribadi

0 komentar