Lapangan Banteng





Lapangan Banteng yang terletak tak jauh dari kantor Kementrian Keuangan Republik Indonesia ini konon dulunya merupakan daerah berpaya-paya dan hutan lebat yang masih banyak dihuni oleh berbagai macam binatang buas, salah satunya banteng, sehingga diyakini mengapa lapangan yang kini ditandai dengan keberadaan Patung Pembebasan Irian Barat itu dinamakan sebagai Lapangan Banteng.


Seperti penulis sadur dari wikipedia, lapangan itu pernah pula disebut sebagai Lapangan Singa karena keberadaan sebuah tugu singa yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda yang ditempatkan di tengah-tengah lapangan itu.

Tugu singa itu sendiri dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda untuk mengenang kemenangan Belanda bersama dua negara sekutunya yakni Jerman dan Inggris yang sukses mengalahkan Napoleon Bonaparte di Waterloo, Belgia pada 18 Juni 1815.

Dalam sejarahnya, Belanda memang pernah dikuasai Prancis yang mencapai masa kejayaannya di masa  ketika Napoleon Bonaparte berkuasa di negara yang kaya akan anggur itu. 

Sumber: wikipedia

0 komentar