Sabtu, 11 November 2017

Kawasan Tebet

Kawasan Tebet

Kawasan Tebet
Sabtu, 11 November 2017


          Ketika penulis bersama sebagian teman-teman SMP dulu menyusuri 
jalan MT Haryono, Tebet Barat sekitar 2 tahun silam

Dikutip dari Wikipedia Tebet adalah sebuah kawasan yang terletak di wilayah Jakarta Selatan dan memiliki 7 kelurahan yang terdiri dari: Tebet Barat, Tebet Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Manggarai, Menteng Dalam, dan Manggarai Selatan.


Bagi penulis sendiri, Tebet merupakan sebuah ‘maqam’ penting perjalanan hidup penulis karena di sinilah penulis menghabiskan masa remaja yang penuh suka-dukanya ... halaah :)

Konon kawasan Tebet yang memiliki luas 9,53 km ini dulunya merupakan kawasan rawa-rawa dan banyak memiliki empang yang oleh masyarakat Betawi dulu disebut sebagai Tebat. Dari sinilah nama Tebet itu bermula.

Lalu, ketika kawasan Senayan harus digusur untuk pembangunan Gelora Senayan (kini Gelora Bung Karno), maka sebagian penduduk Senayan berpindah ke Tebet selain ke Slipi di Jakarta Barat.

Sejak itulah Tebet menjelma sebagai kawasan ramai dan kini menjadi salah satu wilayah primadona di ibukota terutama Tebet Barat, Tebet Timur dan sebagian Kebon Baru yaitu di jalan Asem Baris Raya, baik sebagai kawasan hunian maupun untuk bisnis karena letaknya yang strategis dan memiliki akses transportasi yang cukup lengkap ditandai dengan adanya dua stasiun kereta yaitu Stasiun Cawang dan Stasiun Tebet.

Selain itu, sebagian kawasan Tebet seperti Tebet Barat dan Tebet Timur menjadi kawasan hunian yang tertata rapi dan tertib, walaupun sekarang sebagian lainnya berkembang menjadi kawasan bisnis kuliner yang letaknya tak jauh dari SMP 115 dan SMP 73 sehingga tak ayal kawasan itu berubah menjadi kawasan yang sering mengalami kemacetan terutama pada malam hari dan di akhir pekan.

Sumber: Wikipedia
Foto: Pribadi

   

:    
Kawasan Tebet
4/ 5
Oleh

Comments