Foto Bendungan Hilir diambil dari Plaza Sentral Sudirman


Bendungan Hilir atau sering disingkat dengan Benhil saja terletak di kawasan ramai dan strategis yaitu  di Jakarta Pusat yang berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta Barat.


Benhil dikitari oleh kawasan perkantoran karena letaknya ada di dekat jalan Sudirman dan jalan Gatot Subroto yang memang merupakan kawasan-kawasan sentra bisnis di ibukota, ditambah lagi lokasinya yang tak berjauhan dari pasar Tanah Abang.

Tidaklah mengherankan bila banyak warga yang membuka rumah kost dengan sasaran para pekerja yang bekerja di sekitar Sudirman, Gatot Subroto dan Slipi. Hal itu juga membuat Benhil yang sejak zaman dulu sudah ramai menjadi bertambah ramai, termasuk di malam hari dengan banyaknya tempat-tempat kuliner dengan aneka sajian andalannya. 

Ya, Benhil memang sudah lama menjadi salah satu pusat kuliner ibu kota karena keberadaan para pedagang tradisional yang berdagang di sekitar pasar Benhil yang kini telah dipugar dan tengah sedang dibangun kembali itu.

Ada beragam jenis makanan tradisional yang berasal dari beberapa wilayah di tanah air yang dapat kita nikmati di Benhil seperti aneka makanan Minang, Jawa, Sunda dan Betawi selain banyaknya  resto dan kafe yang menawarkan aneka makanan modern dan asing yang dibuka di sekitarnya.

Konon, jaringan Rumah Makan Sederhana yang telah berkembang dan tersebar di bebarapa kota di Indonesia itu berawal dari Benhil.

Bila bulan Ramadhan tiba, Benhil menjadi salah satu tempat yang kerap menjadi ‘target buruan’ para pemburu kuliner tradisional untuk mempersiapkan makanan berbuka puasa mereka. Tak ayal, Benhil yang sudah macet menjadi bertambah macet.

Foto: Koleksi pribadi

0 komentar